Jumat, 24 April 2009

Apa yang bisa kita lakukan untuk bumi : Sebuah Refleksi Hari Bumi

Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April, tahun ini jatuh pada hari Rabu. Mengapa Bumi diberi hari khusus ? Karena Bumi adalah tempat kita bernaung, tempat kita diberi kehidupan oleh Tuhan sebagai manusia sehingga sudah selayaknya dan sepantasnya jika Bumi kita hargai. Lantas mengapa saya baru menulis tentang Bumi di hari Jumat, sementara banyak orang sudah mencapai klimaks membicarakan tentang Bumi di hari Rabu ? Ya hanya satu jawabannya...karena saya ingin membuka wacana baru bahwa Bumi ada untuk kita setiap hari, dari kita menghirup nafas sampai kita menghembuskan nafas terakhir, sehingga bicara tentang Bumi dan membalas budi baik sang Bumi tidak terbatas pada jam, hari, bulan dan tahun khusus, tapi harus kita lakukan setiap hari.

Tapi bicara saja tak cukup jika menyangkut tentang Bumi karena Bumi tidak lagi memerlukan kata-kata, tapi tindakan karena Bumi sudah semakin lelah menampung semua penghuninya selama jutaan tahun. Jadi, apa yang sudah Anda lakukan untuk Bumi ?
Saya sendiri sadar bahwa saya belum berbuat banyak untuk Bumi, apa yang saya lakukan bahkan banyak yang masih di angan-angan, tidak tercetus dalam kata-kata, apalagi dalam tindakan. Inilah beberapa hal yang sudah saya lakukan untuk Bumi :
1. mematikan kran air ketika sedang mencuci tangan, tidak membiarkan air terus mengalir ketika saya sedang mencuci tangan dengan sabun dan baru menghidupkannya kembali ketika akan membasuh tangan
2. mematikan lampu ruangan kantor ketika jam istirahat
3. mematikan lampu kamar jika tidur
4. mencopot charger dari colokan ketika sudah tidak dipakai
5. mematikan seluruh aliran listrik jika bepergian (tidak membiarkannya dalam keadaan stand by)
6. lebih suka berjalan kaki daripada naik ojek jika jaraknya masih masuk akal untuk ditempuh dengan kaki
7. lebih suka makan di tempat daripada membungkus
8. sebisa mungkin menghabiskan makanan, tidak menyisakan makanan
9. menggunakan kertas bekas
10. berusaha membawa kantong belanjaan sendiri untuk menghindari penggunaan plastik

Ternyata, saya baru melakukan 10 hal saja untuk Bumi padahal Bumi sudah melakukan banyak hal untuk saya sepanjang saya menghirup nafas kehidupan. Semoga saja Anda melakukan lebih banyak tindakan baik untuk Bumi, dibandingkan dengan saya.

Avignam jagad samagram!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar