Sabtu, 05 Januari 2013

PDI

Tidak... saya tidak hendak menulis tentang partai politik berlambang banteng yang dulu menggunakan nomer urut 3 saat Orde Baru masih berkuasa. Lalu jika tidak membicarakan tentang partai politik, apakah PDI itu ? PDI adalah Penurunan Daya Ingat. Ini adalah singkatan yang diciptakan oleh seorang teman kantor, entah itu singkatan resmi atau hanya sekedar untuk lelucon saja. Dia melontarkan singkatan itu karena mengomentari saya yang hari ini benar-benar sedang mengalami PDI alias pikun. 
Sepertinya memang ada yang salah dengan kerja otak saya belakangan ini atau lebih tepatnya sejak saya bekerja di site di Kalimantan ini. Saya dulu selalu membanggakan diri bahwa saya memiliki penyimpanan memori yang besar, baik short term memory maupun long term memory. Sebagai contoh, dulu saya dapat mengingat dengan baik hampir semua nomer HP teman-teman saya, namun sekarang nomer HP yang saya ingat cuma satu saja, yaitu nomer HP pacar saya (xixixixi....). Dulu saya hafal tanggal lahir teman-teman saya dan selalu memberikan ucapan selamat yang membuat mereka terkaget-kaget karena saya mampu mengingat dengan baik tanggal lahir mereka, bahkan mendahului reminder dari FB. Tapi sekarang ? Banyak tanggal lahir teman yang saya lewatkan dan akhirnya harus melihat FB untuk melihat tanggal lahir mereka dan mengucapkan selamat:( 
Dan saya pernah membuat atasan saya kagum pada ingatan saya karena saya dapat mengingat NIK, tanggal masuk, tanggal lahir dan history dari 70% karyawan yang saya rekrut. Sekarang jangankan mengingat tanggal masuk karyawan, saya sering salah mengenali karyawan. Duh...!

Apakah saya sedang mengalami penurunan daya ingat yang cukup drastis ? Apakah penyebabnya ? Stress, faktor genetik, faktor usia, atau kekurangan gizi ? Entahlah...! Yang jelas sekarang saya sering sekali lupa pada hal-hal yang seharusnya saya ingat, seperti kejadian yang baru saja terjadi beberapa hari lalu, yaitu saya lupa password untuk masuk ke program perusahaan. Jengkel sekali rasanya karena saya tidak pernah mengalami ini sebelumnya. Atau seperti kejadian yang terjadi hari ini. Short term memory saya payah sekali. Baru 5 menit yang lalu saya merencanakan akan mengerjakan sesuatu dan ketika ada gangguan di tengah saya merencanakan mengerjakan sesuatu tersebut, maka bisa dipastikan ketika gangguan berakhir, saya-pun jadi lupa dengan apa yang saya rencanakan untuk dikerjakan tadi. Huft.... gejala apa ini ?

Ada yang bisa membantu meningkatkan daya ingat saya lagi ? 

1 komentar:

  1. sebaiknya sih.. untuk check up dlu ajj ke dokter dan konsultasi kan dengan dokter .. sebab kalau sudah sebegini parahnya. bisa" merusak memori yg ada di otk juga .. ;)

    BalasHapus