Senin, 25 Juli 2011

Menunggu

Jika Anda diberikan pertanyaan berikut, "Kegiatan apa yang membuat
Anda paling jengkel?" Saya yakin jawabannya adalah menunggu. Mengapa
hal itu membuat jengkel? Karena menunggu membuat kita tidak
mendapatkan kepastian dan dibuat dalam kondisi tidak berdaya. Saat
ini, saya tengah mengikuti proses seleksi di sebuah perusahaan. Entah
apa yang salah dalam sistem mereka, tapi beberapa kali datang ke
kantor mereka, saya mengamati dan merasakan sendiri bahwa kandidat
diminta datang jam sekian, tapi pada prakteknya, kandidat baru akan
diproses setelah 1 jam atau lebih. Kandidat dibiarkan menunggu di
lobby tanpa mendapatkan keterangan mengapa mereka harus menunggu.

Tak banyak yang bisa dilakukan untuk membunuh waktu selama menunggu.
Keluar kantor tak bisa karena takut sewaktu-waktu dipanggil, membaca
tak bisa karena tak disediakan bahan bacaan, makan minum-pun tak bisa
karena rasanya tak etis. Serba salah! Membuat kandidat menunggu
sebenarnya bukanlah hal yang baik karena harus disadari bahwa kandidat
tak hanya punya agenda di tempat tersebut, bisa memiliki acara di
tempat lain juga. Jika waktu molor dari kesepakatan awal, bisa
dibayangkan bagaimana rumitnya kandidat harus mereschedule jadwalnya.
Tapi dalam proses seleksi seperti ini, perusahaan ada di pihak yang
berkuasa tentu saja. Kandidat adalah orang yang membutuhkan pekerjaan
dan menunggu adalah sedikit pengorbanan serta usaha yang harus
dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Tapi, jika bisa
melakukan segalanya tepat waktu dan terjadwal dengan baik, mengapa
harus membuat orang lain menunggu? Bukankah yang nantinya rugi juga
citra perusahaan itu sendiri ?

Urusan tunggu menunggu ini, saya seperti mendapatkan karma karena dulu
sering meminta kandidat untuk menunggu saya melakukan hal-hal lain
yang saya anggap lebih penting padahal saya juga yang membuat janji
bertemu dengan mereka. Menunggu adalah hal yang tidak enak, dan saya
bertekad dalam hati, jika suatu saat saya harus berurusan dengan
kandidat lagi...saya akan berusaha tepati janji saya...stop membuat
kandidat menunggu dan membuang waktu mereka.

*curhat nggak penting karena kelelahan menunggu lebih dari 1 jam*

--
Sent from my mobile device

Tidak ada komentar:

Posting Komentar